Member Banner
Menjadi Member Kami menyediakan softcopy katalog untuk Anda, silahkan download di sini

Tanaman Insulin – Ulasan Lengkap Daun Yakon Obat Diabetes

Tanaman insulin YAKON atau ilmiahnya bernama smallanthus sonchifolius berasal dari pegunungan Andes dan disebut juga pear of the earth (pear tanah) karena umbi tanaman ini menjadi makanan suku pribumi di sana. Rasa umbi ini manis, meskipun demikian rasa manis ini berasal dari fruktosa yaitu gugus gula yang rendah kalori. Daunnya dapat dimakan segar sebagai salad atau dikeringkan dan dijadikan seduhan teh untuk diminum.

tanaman insulin, daun yakon, obat diabetes

Cara Kerja Tanaman Insulin sebagai Obat Diabetes

Tanaman yakon dikenal sebagai tanaman insulin karena secara ilmiah telah dibuktikan menghasilkan insulin. Menurut Dr. Sri Widowati (peneliti Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian Bogor), yakon merupakan tanamaan yang kaya insulin, kandungan gula-gula fruktosaya yang tinggi tidak dapat diuraikan enzim pencernaan, tetapi senyawa gula ini bisa difermentasi di usus besar. Dengan demikian, tubuh tetap mendapatkan asupan karbohidrat dan gula darah tetap terkontrol.

Ditambahkan oleh Manuel J Aybar dari Departament de Biologia del Desarrollo, Universidad Nacional de Tucuma, Argentina mengungkapkan bahwa penelitian daun yakon memiliki efek hipoglikemik atau menurunkan gula dalam darah. Ia melakukan pengujian dengan metode melarutkan 20 gram daun kering dari tanaman insulin ini ke dalam air 200 ml. Ramuan tersebut didihkan selama 20 menit dengan api kecil, setelah dingin disaring kemudian airnya diminumkan ke pasien sample.

Khasiat-khasiat lain dari Daun Yakon

Tanaman yakon juga memiliki khasiat-khasiat yang lain, diantaranya:

  • Memiliki efek prebiotik yaitu meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus yang bisa menjaga kesehatan alat pencernaan.
  • Anti patogen / mikroorganisme merugikan yang berada di dalam tubuh sehingga membantu proses penyembuahan penyakit yang disebabkan oleh patogen.
  • Mngontrol gula darah yang tinggi dengan senyawa insulin yang dihasilkan oleh tanaman ini. Juga menghasilkan gula fruktosa rendah kalori yang memiliki efek hipoglikemik.
  • Antioksidan alami mampu mengikat dan mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh serta membuangnya dari tubuh. Sangat baik untuk mengatasi peradangan di tenggorokan.
  • Mendukung kesehatan Hati sama seperti khasiat temulawak

Pemanfaatan Bagian Tanaman Insulin dalam Kehidupan

Kebiasaan suku pedalaman di pegunungan Andes mengosumsi tanaman yakon tetap dilakukan hngga sekarang. Bahkan sejak penelitian-penelitian ilmiah dilakukan, semakin banyak orang yang memanfaatkannya sebagai obat diabetes. Kegiatan budidayapun dilakukan untuk memenuhi kebutuhan akan insulin secara alami.

Bagian tanaman yang paling umum dikonsumsi langsung yaitu bagian umbinya. Bentuk umbi yakon sangat mirip dengan ubi jalar namun teksturnya sangat renyah berair dan manis rasanya seperti bengkuang. Di luar negri sudah banyak yang membudidayakan yakon untuk diambil umbinya. Umbi ini merupakan makanan sehat untuk diet karena kandungan kalorinya yang rendah.

umbi yakon, rhizome yakon, akar tanaman insulin

Sedangkan daun dimanfaatkan sebagai obat diabetes alami yang mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Daun yakon dikonsumsi segar dengan mencucinya terlebihdahulu sebagai salat atau lalapan. Mereka percaya yakon sangat baik untuk kesehatan karena memiliki serat tinggi. Sebagian orang lainnya mengeringkan daun tanaman insulin ini di bawah sinar matahari, setelah kering kemudian diseduh dalam air panas dan diminum sebagai teh. Rasanya pahit namun memberikan efek segar

Selain bunga dan daun, tanaman obat diabetes juga memiliki bunga yang indah berwarna kuning. Bentuk bunga mirip seperti bunga matahari tetapi ukurannya lebih kecil, masih berkerabat dengan bunga dahlia. Karena kecantikan bunga inilah tanaman yakon juga dimanfaatkan sebagai bedding plant (tanaman pekarangan). Bahkan di usaha tanaman hias sudah mengembangkan yakon sebagai tanaman bunga dalam pot.

bunga tanaman yakon, bunga daun insulin, bunga anti diabetes

Cara Perbanyakan Tanaman Yakon

Perbanyakan tanaman insulin termasuk mudah, Anda bisa memanfaatkan biji / benih dan rhizome tanaman sebagai bahan perbanyakan. Cara perbanyakan dengan benih yaitu menanamnya di media semai hingga tumbuh. Nursery modern biasanya menanam benih pada tray-tray semai dan diletakkan di ruangan khusus pembibitan yang sejuk agar benih mudah pecah dan tumbuh. Saat sudah memiliki daun yakon sebanyak 5-7 buah, bibit yakon bisa dipindah ke lahan pertanian.

Cara lainnya yaitu dengan memisahkan crown / rizhome yang berada di pangkal batang. RHIZOME ini merupakan percabangan batang yang berkembang di dalam tanah. Rhizome dipisahkan dari rumpunnya kemudian ditaman secara terpisah di media baru. Cara ini merupakan perbanyakan paling mudah karena dalam rhizome terdapat cadangan makaanan yang membuatnya bertahan hidup dan berkembang menjadi tanaman baru.

rhizome yakon, umbi tanaman insulin, obat herbal cara alami

Secara tradisional, daun yakon dioleh menjadi simplisia kering (daun kering) dengan bantuan sinar matahari. Daun yang telah kering benar kemudian dipacking dan dipasarkan, pemanfaatannya yaitu diminum sebagai teh herbal. Sedangkan dengan teknologi canggih, tanaman insulin diekstrak kemudian dibuat obat kapsul. Cara modern ini menjadikan yakon lebih praktis dibawa kemana saja dan mudah dikonsumsi.

Sekarang, daun insulin bisa Anda dapatkan di toko-toko herbal di Indonesia, baik berbentuk daun kering maupun dalam kapsul. Dan apabila Anda ingin ikut menjual obat herbal ini, Grosir Laris dapat membantu Anda. Silahkan cek produk yang kami jual dan jadi member kami sekarang. Pasti bisa!

Menjadi Member

Silahkan Anda SHARE artikel ini agar lebih bermanfaat:
123