Membuat Foto Produk Sendiri Gampang Banget

Membuat foto produk yang baik merupakan salah satu unsur dari toko online yang dapat menentukan keberhasilan penjualan produk Anda. Foto yang menggambarkan produk dengan jelas sekaligus fungsional merupakan idealisme sebuah foto produk yang dapat berbicara sendiri. Calon konsumen Anda dihadapkan pada toko yang bersifat maya dimana ia tidak bisa melihat dan menyentuh produk secara langsung, dan Anda tidak berada di sampingnya untuk menjelaskannya detail produk.

Membuat Foto Produk Sendiri Gampang BangetUntuk mendapatkan foto yang baik dan terlihat profesional, Anda tidak perlu membeli peralatan fotografi yang mahal. Anda bisa memanfaatkan handphone atau kamera saku yang Anda miliki. Kemudian contek semua trik-trik di bawah ini yang mudah sekali Anda lakukan sendiri. Simpan ratusan ribu hingga jutaan budget Anda untuk sewa fotografer profesional.

Membuat Foto Produk di luar ruangan

Cara ini sangat mudah dilakukan dan biaya yang dikeluarkan pun relatif murah. Hasilnya juga cukup memuaskan karena pencahayaan yang di dapat sangat sempurna dari sinar matahari. Namun, Cara ini memiliki kekurangan, jika dalam keadaan mendung tentu saja Anda tidak bisa melakukan pemotretan karena kekurangan cahaya. Sangat tergantung cuaca!

Alat dan Bahan

  • Kamera handphone atau kamera saku minimal 6Mp (mega pixel), terbaik di atas 16Mp.
  • Kertas putih yang paling putih, bisa kertas HVS atau kertas manila putih. Kertas ini akan digunakan sebagai background. Bisa juga menggunakan background bermotif sesuai tema toko online Anda.
  • Tripod handphone / kamera untuk mempertahankan posisi kamera jika melakukan beberapa kali pemotretan, juga menjaga agar kamera tidak goyang saat KLIK!
  • Meja kecil / lipat (optional) untuk memudahkan menata produk

alat dan bahan untuk membuat foto produk sendiri

Langkah-langkah

  • Pemotretan produk yang baik dilakukan pada pagi hari pada jam 8 sd 11, karena pada saat ini cahaya matahari masih soft sehingga warna yang dihasilkan nantinya real sesuai warna produk.
  • Pilih lokasi pemotretan di sisi gedung ataupun teras, yang penting terhindar dari sinar matahari langsung. Jadi, sumber pencahayaan saat membuat foto produk hanya memanfaatkan dari pantulan saja. Anda juga bisa menggunakan alumunium foil sebagai reflektor.
  • Letakkan meja merapat tembok
  • Selanjutnya bentangkan 1 sisi kertas background di atas dan sisi lainnya ke atas tembok, hasilnya meja dan tembok tertutupi kertas. Ujung-ujung kertas rekatkan dengan solatip (bukan dobeltip), lakukan dengan baik agar tidak mudah tertiup angin namun memudahkan anda saat membereskannya setelah selesai pemotretan. Pada sudut meja dan tembok jangan dibuat siku, biarkan saja melengkung.
  • Letakkan tripod di depan meja menghadap backgound sebagai tempat bidikan nanti, dan atur kamera pada tempatnya di tripod.
  • Sekarang Anda sudah bisa memulai pemotretan ^^

pemotretan foto produk, memfoto produk di luar

Lalu bagaimana cara pemotretan untuk di dalam ruangan? Nanti akan kami bahas pada artikel selanjutnya.

Tips Membuat Foto Produk yang Menarik

  • Mengatasi BLUR. Ketika Anda menekan trigger shoot biasanya saat itu kamera bergoyang, akibatnya hasil foto menjadi tidak jelas / blur. Solusinya, manfaatkan self timer untuk menunda pemambilan gambar setelah trigger shoot di tekan. Atau jika Anda menggunakan smartphone, gunakan earphone yang dapat berfungsi sebagai trigger shoot.
  • Menghilangkan bayangan. Cahaya yang datang dari 1 arah akan menimbulkan bayangan di belakang produk. Agar lebih cantik, gunakan alumunium foil untuk merefleksikan cahaya dan mengarahkan sinar pantulan ke sisi yang ada bayangannya.
  • Skala Produk. Gunakan benda-benda yang sudah memiliki ukuran standar seperti koin, ballpoint CD atau keragaan seorang model yang sedang mengenakan produk yang Anda jual, Tujuannya untuk memberikan gambaran kepada calon konsumen “sebesar apa produk ini”, karena sering kali detail produk masih membuat bingung.

hasil foto produk yang baik dapat berbicara sendiri

  • Memberi Efek. Jika hasil akhir dari foto Anda tidak begitu bagus, jangan abaikan foto editing gratis yang bertebaran di internet untuk memberi efek agar menjadi lebih menarik. Anda bisa memberi efek shine atau vintage, bisa juga mengurangi pencahayaan berlebih atau menjadikannya lebih terang. Boleh juga memberi efek central focus untuk memberi point of view yang baik. Foto editing yang kami gunakan yaitu Photoscape.
  • Foto dari beberapa sisi. Membuat foto produk yang baik tujuannya untuk menjelaskan kepada calon konsumen, memberi gambaran produk secara nyata meskipun tanpa melihatnya langsung. Karenanya mengambil foto produk dari sisi-sisi berbeda sangat dianjurkan. Depan, samping, belakang, bagian bawah atau bagian dalam, juga posisi saat digunakan maupun gambar produk ketika diisi barang-barang lain (tas dan dompet)

Alhamdulillah.. Jika artikel ini sangat membantu Anda dalam membuat foto yang lebih cantik dan profesional, ada baiknya membagikan juga ke teman-teman Anda. Agar lebih bermanfaat. Lain waktu akan kami coba membuat artikel serupa dengan artikel ini untuk pemotretan di dalam ruangan.

Anda tertarik untuk menekuni usaha toko online? Selalu ikuti artikel-artikel seputar toko online di GrosirLaris.Com. Atau bisa juga mulai bergabung dengan kami menjadi Member Premium untuk ikut memasarkan produk-produk yang kami jual, dapat diskon special loh.. Mudah dan tidak perlu lagi membuat foto produk sendiri karena semua sudah kami sediakan. Cara menjadi member ada di halaman Menjadi Member. Pasti Bisa!
Silahkan Anda SHARE artikel ini agar lebih bermanfaat:
123