Arti Dropshipping Adalah ?

Dropshipping biasa digunakan di dunia toko online, bisa di luar negri ataupun lokal dalam negri. Istilah ini erat kaitanya dalam sistem keagenan, karena dropshipping adalah salah satu cara untuk memasarkan barang tanpa modal. Bagaimana bisa? Simak ulasannya berikut..

Arti Dropshipping

Arti DropshippingDropshipping yaitu salah satu bentuk kerjasama antara pemilik barang / jasa (penjual) dan orang yang ingin memasarkan barang tersebut (reseller) dengan cara reseller menjual barang / jasa ke konsumen, setelah deal penjual akan mengirim / memproses pesanan langsung ke konsumen dengan nama reseller sebagai pengirimnya.

Dropshipping Adalah Kerjasama Tanpa Modal dan tanpa perlu stok?

Untuk mengikuti program dropshipping yang diadakan oleh penjual, reseller sama sekali tidak memerlukan modal. Yang dilakukan reseller hanyalah menawarkan barang / jasa yang dimiliki penjual saja. Nah setelah ada yang laku dan konsumen telah mentransfer pembayarannya, baru deh reseller menghubungi penjual untuk segera mengirim pesanan.

Penjual yang membuka peluang dropshipping ini sudah menyiapkan harga khusus untuk reseller yang lebih murah dari harga jual. Dengan begitu reseller mendapat selisih jual sebagai keuntungan untuknya. Reseller juga biasanya boleh menentukan harga jual sendiri, tidak harus mengikuti harga jual yang dipakai oleh penjual.

arti dropshipping, dropshipping adalah, pengertian dropshipping, cara dropshipping

Ilustrasi tersebut menggambarkan bahwa dropshipping memang tidak memerlukan modal awal. Uang konsumen yang sudah lebih dulu membayar itulah yang digunakan untuk membayar barang pesanan ke penjual. Juga artinya reseller tidak perlu membeli produk terlebih dahulu ke penjual (stok barang). Cara ini diyakini sebagai cara termudah untuk memulai usaha online, tanpa perlu modal danpa harus stok barang terlebih dahulu.

Serius Dropshipping tanpa modal?

Serius kok dropshipping itu tanpa modal, namun ada tapi-nya ya.. Biasanya untuk mengikuti program ini ada syarat yang ditentukan oleh penjual dan masing2 penjual memiliki cara yang berbeda. Ada yang mengharuskan reseller membayar uang pendaftaran terlebih dahulu, melakukan pembelian awal sejumlah tertentu sekaligus terlebih dahulu, melakukan pembelian akumulatif hinggga jumlah tertentu dan masih banyak syarat yang lain.

Barulah setelah itu, reseller bebas memasarkan produk-produk dari penjual. Mau laku berapapun akan dilayani penjual, laku 1 hingga jumlah banyak pastri diproses oleh penjual. Reseller akan mendapat harga khusus untuk reseller sehingga ia mendapat keuntungan.

Rangkuman Arti Dropshipping

  • Dropshipping adalah kegiatan keagenan dimana penjual mengirim barang yang dipesan reseller untuk dikirim ke konsumennya reseller dengan nama reseller sebagai pengirimnya
  • Reseller tidak perlu modal dan stok barang untuk menjalankan dropshipping
  • Keuntungan untuk reseller adalah selisih harga jual yang dibuatnya dengan harga khusus reseller dari penjual
  • Kegiatan transaksi pembayaran dilakukan sebelum barang diproses. Konsumen bayar ke reseller dulu, kemudian reseller bayar ke penjual. Setelah itu penjual mengirim pesanan ke konsumen.
  • Reseller hanya membayar sesuai harga reseller yang ditetapkan oleh penjualan, sedang selisih harga reseller dengan harga produk yang ia jual bisa langsung “masuk kantong”.

Nah, kira-kira seperti itulah arti dropshipping yang sering ada di sistem keagenan toko online. Beda penjual beda juga syarat dan aturan mainnya, namun secara garis besar kegiatan dropshipping adalah penjual mengirim barang langsung ke konsumen dengan nama reseller yang tercantum di paket kiriman sebagai pengirimnya.

Anda tertarik untuk mengikuti program dropshipping? Grosir Laris juga membuka peluang loh. Yuk daftar menjadi Member Premium hari ini, baca caranya di halaman Menjadi Member dan dapatkan manfaat kemudahan memiliki usaha online. Pasti bisa!
Silahkan Anda SHARE artikel ini agar lebih bermanfaat:
123